Senin, 27 Juli 2009

Upacara Pemakaman Dibom, 4 Orang Tewas

Senin, 27 Juli 2009 | 07:21 WIB

BAGHDAD, KOMPAS.com — Seorang pelaku bom bunuh diri menewaskan sedikitnya empat orang dan melukai sembilan orang lagi tepat di luar tenda acara pemakaman di Irak barat, Minggu (26/7).

Pelaku pengeboman meledakkan rompi bahan peledak di luar tempat acara pemakaman di dekat Falluja, 50 kilometer di sebelah barat Baghdad, untuk seorang personel polisi yang tewas dalam serangan bom lain.

Hanya sehari sebelumnya, satu bom mobil di luar kantor satu partai politik di Falluja, provinsi yang kebanyakan penghuninya pengikut Sunni, Anbar, menewaskan lima orang dan melukai 21 orang lagi.

Anbar, yang pernah menjadi pusat aksi perlawanan sengit pemeluk aliran Sunni, relatif tenang sejak para tetua suku setempat mulai bekerja sama dengan pasukan Irak dan AS melawan Al Qaeda pada 2006. Namun, kerusuhan tampaknya telah mencuat lagi dalam beberapa pekan belakangan.

Pada Selasa, beberapa pejabat Irak mengumumkan larangan berkendaraan di seluruh Anbar, provinsi terbesar di Irak, setelah dua serangan bom menewaskan tiga orang di ibu kota provinsi tersebut, Ramadi. Sehari sebelumnya, satu ledakan menewaskan dua personel polisi di kota itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar